tugas penkom basis data

Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer dan dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur, dan juga batasan-batasan data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi dimana basis data merupakan gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat menghidari duplikasi data, hubungan antar data yang tidak jelas, organisasi data, dan juga update yang rumit. Proses memasukkan dan mengambil data ke dan dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen basis data (database management system | DBMS). DBMS merupakan sistem perangkat lunak yang memungkinkan user untuk memelihara, mengontrol, dan mengakses data secara praktis dan efisien. Dengan kata lain semua akses ke basis data akan ditangani oleh DBMS. Ada beberapa fungsi yang harus ditangani DBMS yaitu mengolah pendefinisian data, dapat menangani permintaan pemakai untuk mengakses data, memeriksa sekuriti dan integriti data yang didefinisikan oleh DBA (Database Administrator), menangani kegagalan dalam pengaksesan data yang disebabkan oleh kerusakan sistem maupun disk, dan menangani unjuk kerja semua fungsi secara efisien.

Dalam basis data dikenal istilah Primary Key dan Foreign Key

~ Primary Key adalah merupakan attribute yang paling sedikit yang dapat membedakan  setiap baris data dalam sebuah table secara unik yang dipilih berdasarkan seringnya diadikan acuan, lebih ringkas, dan lebih menjamin keunikan key.

~ Foreign Key adalah kolom yang diambil dari primary key entitas lain yang menunjukkan hubungan antar dua table tersebut.

Jenis-jenis Key Atribut dan Contohnya

~ Super Key : Merupakan satu atau gabungan attribute yang dapat membedakan setiap baris data dalam sebuah table secara unik. Contoh : Super Key untuk entitas Anggota – No Anggota, Nama, Alamat, JenisKel – No Anggota, Nama, Alamat – No Anggota, Nama – Nama (jika dijamin bahwa tidak ada yang sama) – No Anggota

~ Candidat Key : Super Key yang jumlah attributnya paling sedikit Contoh : Candidat Key pada entitas Anggota – Nama (jika dijamin tidak ada nama yang sama) – No Anggota

~ Primary Key : Candidat key yang dipilih berdasarkan seringnya dijadikan acuan, lebih ringkas, dan lebih menjamin keunikan key. Contoh : Primary Key untuk entitas Anggota – No Anggota

Dikenal juga adanya istilah Relasi Entitas

~ Relasi Entitas : Relasi menyatakan hubungan antar entitas, termasuk terhadap entitas itu sendiri (rekursif)

Jenis – jenis Relasi antar Entitas berdasarkan Derajat Kardinalitas dan Derajat Relasi Maksimum – Minimum

~ Satu ke satu (one to one) Setiap data pada entitas A berhubungan dengan maksimal satu data pada entitas B, begitu pula sebaliknya.

RelasiOneToOne

~ Satu ke banyak (one to many) atau Banyak ke satu (many to one) Setiap data pada entitas A bisa berhubungan dengan banyak data pada entitas B, tetapi data pada entitas B berhubungan maksimal hanya dengan sebuah data di A.

~ Banyak ke banyak (many to many) Setiap data pada entitas A bisa berhubungan dengan banyak data pada entitas B, demikian pula sebaliknya.

RelasiManyToMany

Derajat Relasi Minimum-Maximum Menunjukkan hubungan (korespondensi) minimum yang boleh terjadi dalam sebuah relasi antar entitas. Misalnya: pada relasi “bekerja untuk” pada entitas pegawai terhadap departemen Derajat relasi minimumnya adalah satu. Dalam arti lain, setiap pegawai minimal harus memiliki sebuah relasi terhadap Departemen, atau setiap pegawai selalu memiliki tempat di mana dia bekerja. Notasi (x,y) pada relasi menunjukkan derajat minimum (x) dan derajat maksimum (y) pada sebuah relasi. Partisipasi total bisa dinotasikan dengan memberikan derajat relasi minimum (x) = 1.

Pembuatan database dengan miscosoft access dapat dilakukan dengan :

1. Klik start kemudian buka Microsoft Acces

a

2. Isi file name sesuai keinginan misal “Database”.  Klik create

b

3. Tampilan awal saat memasuki Microsoft Access

c

4.Letakkan kursor di “table 1” kemudian klik kanan dan klik design view

e

5. Ubah nama table 1 dengan nama “Penerbit” kemudian klik ok

f

6. Isi table seperti dibawah ini (pada soal kata yg di garis bawahi/ underline merupakan key atau data unik

g1

g2

7. Klik kanan pada “penerbit” kemudian klik save

h

8. Klik create kemudian klik table. Table baru akan muncul seperti dibawah ini

j

8. Ubah nama table ( langkah seperti yang dijelaskan sebelumnya pada table. Selanjutnya buatlah nama table untuk Buku, Klasifikasi, Pengarang, Petugas, Anggota, Inventaris, Pinjam, Detpinjam, Denda. ( langkah-langkah seperti langkah sebelumnya pada “penerbit” )

9. Setelah terbuat semua, close semuanya dengan cara klik tanda X pada pojok kanan

10. Klik “Anggota” yang ada di list sebelah kiri tampilan. Masukkan data, kemudian save. Tampilan seperti gambar dibawah ini

k

11. Lakukan hal yang sama pada Buku, Klasifikasi, Pengarang, Petugas, Penerbit, Inventaris, Pinjam, Detpinjam, Denda.

12. Setelah semua data dimasukkan, close (klik tanda x)

13. Klik database tools, kemudian klik relationships

14. Pada tampilan kotak dialog show table add Anggota, Buku, Klasifikasi, Pengarang, Petugas, Penerbit, Inventaris, Pinjam, Detpinjam, Denda kemudian klik close setelah add semua.

l

15. Tampilan akan seperti ini

m

16. Drag kata unik ( key) pada kata yang sama yang berada di kotak lain. Lakukan pada setiap kata unik (key) sehingga tampilan menjadi seperti ini

qq

17. Untuk pembuatan form langkahnya antara lain Klik create kemudian klik form wizard

18. Atur / pilih (Anggota, Buku, Klasifikasi, Pengarang, Petugas, Penerbit, Inventaris, Pinjam, Detpinjam, Denda)

19. Klik tanda >> kemudian klik next

wiz1

klik next

wiz2

klik next

wiz3

wiz4

wiz4

Gambar dibawah ini merupakan tampilan akhir pembuatan form

wiz5

20. Untuk membuat report langkahnya antara lain klik create kemudian klik Report Wizard.

report1

21. Pada table / queries klik satu persatu terlebih dahulu yang akan dikerjakan

report2

22. Klik >> kemudian klik next

report3

23. Klik next

report4

24. Klik next

report5

report6

report7

25. Tampilan akhir pembuatan Report

report9

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s