Perangkat Lunak Android bray!

A.Manajemen File Dan Directory Pada System Android

Sistem operasi android, merupakan  system operasi yang berbasis linux yang memiliki manajemen file seperti pada system operasi kebanyakan system operasi yang lain. Didalam system operasi android struktur penataan filenya berbeda dengan system operasi yang ada pada perangkat mobile lain. Struktur tertinggi atau paling atas yaitu Root Directory yang di simbolkan dengan “/” slash tidak seperti windows yang menggunakan drive letter backslash “\” sperti : C:\ D:\. Dalam Root Directory Pada manajemen file Android akan ditemukan beberapa folder seperti cache, /data,/mnt/ dan lain-lain yang masing-masing folder tersebut memiliki  fungsi yang berbeda.

Contoh beberapa fungsi dari masing-masing direktori yang ada dalam root directory :

/data : berisi data dari aplikasi yang teristall, baik dari paket aplikasi (apk) maupun data setelah instalasi.(hanya Superuser yang dapat mengubah)

/dev : berisi file system khusus yang merupakan refleksi device hardware yang digunakan system

/etc : berisi file konfigurasi system (SuperUser)

/mnt : direktori khusus yang digunakan untuk mounting storage kedalam system dalam bentuk direktori.

Contoh : /ExtSDCard atau /SDCard yang biasanya ditunjukkan untuk memori eksternal.

/proc : berisi tentang proses system. Berisi folder-folder berupa nomor yang menunjukkan sebuah process ID

/tmp : berisi file-file sementara yang dibuat oleh system maupun pengguna .file ini akan dihapus ketika system melakukan restart/reboot.

Manajemen file adalah metode dan struktur data yang digunakan sistem operasi untuk mengatur dan mengorganisir file pada disk atau partisi. Manfaat manajemen file adalah dapat mengurangi resiko kehila ngan file yang dikarenakan : terhapus secara tidak disengaja, tertimpa file baru, tersimpan dimana saja, dan hal lain yang tidak kita inginkan.

  1. Cara Membuat folder pada aplikasi yang telah terpasang pada Android

 

  1. Buka Aplikasi file manager yang terdapat pada Android

1

 

2

2. Lalu tekan menu pada perangkat mobile Android yang digunakan, maka akan muncul tampilan seperti berikut:

3

  1. kemudian pilih tab “membuat folder”, maka akan tampil kolom untuk mengisi nama folder yang diinginkan:

4

5

 

  1. Kemudian pilih OK dan folder baru telah dibuat

b.Cara memindahkan, menyalin, menghapus, dan merubah nama folder serta melihat rincian folder

1. Tahan folder yang ingin diedit maka akan tampil seperti gambar berikut

6

kemudian pilih menu edit yang diinginkan. berikut beberapa tampilannya

1.memindahkan folder

7

2.melihat rincian folder

8

3.mengganti nama folder misal awalnya bernama “folder rahasia” menjadi “folder”

9

 

  1. menghapus folder

10

B.Fasilitas kompresi pada sistem android

Kompresi data dalam ilmu komputer adalah sebuah cara untuk memadatkan data sehingga hanya memerlukan ruangan penyimpanan lebih kecil sehingga lebih efisien dalam menyimpannya atau mempersingkat waktu pertukaran data tersebut. Kompresi data bertujuan untuk mengurangi ukuran data tanpa merusak tujuan dari data tersebut. Kompresi data menggunakan sedikit disk space. Kompresi data percepat akses, kompresi data dapat membuat lebih efisien. File-file yang telah di-archive+compress biasanya sering dijumpai di Internet. Karena, untuk pertukaran data yang cepat, diperlukan sebuah metode untuk mengirimkan data dalam jumlah yang sedikit dan dengan ukuran yang kecil.

Android tidak dapat menangani beberapa file tertentu, misalnya file Zip, Rar, Gz, B1,Tar, dll karena itu diperlukan aplikasi pihak ketiga untuk membuka file yang yang dikompres tersebut. Jika Anda ingin membuka file terkompresi dalam bentuk Zip, Rar, Gz, B1,Tar, dll beberapa aplikasi Android yang dapat Anda gunakan adalah Astro File Manager, Dual File Manager, dan EStrongs File Explorer, Winzip, Andro Zip, B1 Free Archiver, Unrar Unzip lite, dll semua aplikasi tersebut dapat dengan mudah digunakan untuk mengekstrak file RAR atau ZIP di Android. Aplikasi tersebut dapat didownload di google store.

Berikut salah satu contoh untuk mengkompres folder/file dalam format Zip menggunakan aplikasi B1 Free Archiver

  1. Buka Aplikasi B1 Free Archiver (jika belum ada silahkan download dulu)
  2. Pilih file/folder yang ingin Anda kompres, jika lebih dari satu, pertama tekan menu perangkat Anda lalu pilih “multi select”

11

3.Kemudian pilih file/folder yang ingin dikompres

12

4.Lalu pilih menu “Extract” di bagian atas

13

5. Setelah itu pilih format file yang diinginkan misal Zip, lalu ketikan nama file yang diinginkan, kemudian berikan tanda centang pada “Protect with password” bila ingin diberi password pada file anda.

14

 

15

16

  1. klik OK, kemudian akan ada tampilan untuk mengisi lagi password yang telah diketik sebelumnya

17

7.Klik OK dan tunggu prosesnya sampai selesai

18

C.Fasilitas Utilitas System pada Android

Fasilitas Utilitas yang disediakan pada Android sangat berguna untuk menunjang berbagai keperluan, misal untuk mengkompres file, menscan virus, melihat foto, menulis agenda, mengedit foto atau video, dll. Jika saja kalian merupakan pengguna baru Android, tentunya kalian akan membutuhkan beberapa tips aplikasi yang wajib digunakan pada smartphone atau gadget kesayangan kalian. Dari sejumlah rekomendasi dibawah ini, tentunya dapat kalian tentukan sendiri apakah beberapa aplikasi tersebut dapat digunakan atau tidak. Namun ini bisa menjadi pertimbangan kalian untuk permulaan menggunakan Android. Aplikasi – aplikasi yang berhubungan dengan hal dibawah ini banyak tersedia ada Google Play yang dapat kalian download secara gratis. Berikut beberapa contoh aplikasi Utilitas yang terdapat pada Gadget Android.

 

  1. AppGarden Lite

19

aplikasi ini merupakan aplikasi ringan, kompatibel dengan puluhan utilitas yang berguna, dan grafik konversi ke scanner barcode ke generator password. Anda dapat membuat petunjuk utilitas favorit Anda untuk akses cepat, termasuk pemindai QR, stopwatch, Kalkulator, Dictionary, dll.

  1. Avast ! Mobile Security

20

aplikasi ini memiliki berbagai fitur keamanan, seperti remote wipe, remote kunci, manajer baterai, dll untuk melindungi perangkat Anda dari ancaman Virus

  1. Auto Memory Manager

21

sebuah aplikasi yang didukung iklan yang memberikan informasi rinci memori dan memungkinkan menetapkan prioritas memori pada aplikasi

  1. Speed Test

22

aplikasi ini berguna untuk menguji konektivitas jaringan dalam waktu kurang dari 30 detik, menunjukan upload dan download, grafik realtime yang menunjukan konsistensi koneksi dan pelaporan rinci lainnya

  1. X-Plore File Manager

23

X-Plore merupakan cara yang bagus untuk melihat file system android dan fitur-fiturnya yang solid. gunakan untuk melakukan operasi file seperti menyalin, mengganti nama, membuat folder baru, dll.

  1. aDownloader

24

aDownloader merupakan aplikasi pada android yang digunakan untuk mengatur proses download, dengan aplikasi ini kita dapat menunda proses dowmnload data dengan ukuran file yang tidak terbatas.

  1. Wi-fi Analytics Tool

25

Aplikasi ini digunakan untuk mengetahui sinyal Wi-fi yang didipatkan dengan spesifikasi atau informasi yang lebih komplit.

  1. Swype Keyboard

26

Aplikasi ini digunakan untuk melakukan pengetikan pada Gadget Android menjadi lebih mudah.

  1. Lookout

27

Lookout digunakan untuk malakukan pengamanan data pada Hp android termasuk juga untuk kasus kehilangan, pencurian, dan wipeout data.

10.Juice Defender

28

Aplikasi Juice defender digunakan untuk membuat daya tahan baterai pada android menjadi tahan lama, terutama akibat aktifitas 3G/4G yang sangat menguras daya dan meonaktifkan komponen yang paling menguras daya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s