tugas Penkom pertama bray!

Haloo dunia, yaa bukan pertama kalinya saya membuat postingan di blog. Dulu sih pernah buat blog waktu sma, cuma hanya sekedar membuat aja, setelah itu ya ga diapa-apain hingga lupa sendiri. Nah semenjak masuk IPB dan join IMJB (Ikatan Mahasiswa Jember Bogor), saya jadi terbiasa membuat postingan terkait promosi IPB ke adek kelas, haring-sharing beasiswa di IPB sampai belajar dan mengingat kembali bahasa HTML yang pernah saya dapatkan saat kelas 2 SMA dulu. Di IMJB saya diberi amanat untuk mempublikasikan segala hal yang berbau IMJB dan IPB. Saya jadi mulai akrab lagi dengan facebook, tweeter, blogger dan gmail. Oke, kenapa sih saya mengambil matkul penkom semester 3 ini? Pertama karena memang ini adalah mata kuliah interdepartemen yang mewajibkan saya mengambilnya tapi sama sekali tidak terpaksa karena memang saya yakin segala hal butuh proses dan jika kita menikmati setiap proses itu niscaya kita akan jadi insan yang lebih baik. Lalu yang kedua, saya sadar bahwa di zaman yang penuh dengan produk elektronik dan gadget serta semakin banyaknya penemuan-penemuan yang membuat hidup manusia semakin mudah dan terbantu, membuat kita menjadi orang yang harus up to date terhadap perkembangan teknologi yang ada. Salah satunya dengan menguasai bidang komputer ini. Ketiga, saya adalah seorang mahasiswa Departemen Biokimia yang di masa depan insyaAllah akan menjadi peneliti di bidang pertanian dalam arti luas. Saya ingin memberi info-info terkini mengenai topik-topik penelitian yang terbarukan kepada para civitas akademika yang tersebar di seluruh negeri, bahkan seluruh dunia dengan cara yang simpel, yakni memposting di website atau blog saya, tanpa harus berkeliling ke seluruh negeri Amin 🙂

Praktikum pertama mata kuliah peenerapan komputer ini mengajarkan kami untuk membuat blog. Blog tersebut sebagai diary harian ini dapat dibuat melalui situs student.ipb.ac.id yang memang sudah bekerjasama dengan WordPress.com. Tapi sayangnya sedang tidak dapat diakses. Menurut aspraknya sih servernya lagi down. Jadi, saya membuat blog melalui WordPress.com secara langsung. Gimana proses pembuatannya? oke ane kasi tau dikit gan hehe… Check this out!!!

  • Pertama ketik wordpress.com pada Url browser. Setelah membuka alamat yang tersebut, pasti ada tampilan seperti dibawah ini dan klik tilisan buat situs Web.

1

  • Setelah meng-klik, akan terbuka tampilan seperti dibawah ini.

2

  • Lalu kita diminta untuk mengisi kolom2 yang ada pada laman “mulailah dengan wordpress”, isi dengan lengkap, lalu klik “buat blog”.

3

  • Next, kita diminta untuk verifikasi alamat email kita. Masuklah ke email anda lalu konfirmasi verifikasi dari pihak WordPress.com.

4

  • Setelah mengkonfirmasi wordpress pada alamat e-mail, akan muncul dashboar atau tampilan wordpress baru kita seperti gambar dibawah ini.

5

  • Lalu login dengan username dan password anda.

6

  • Halaman setelah login.

7

  • Pilih tema yang tersedia untuk tampilan blog anda. Sekedar mengingatkan, untuk tema ini ada yang gratis dan ada yang menggunakan biaya. Pilih tema yang anda mau dengan klik “apply”.

8

  • Setelah ada tampilan dashboard, klik pos>>kategori. Tujuannya untuk membuat tulisan baru dan memudahkan untuk mengelompokkan postingan tugas penerepan komputer keseluruhan.

9

  • Kita juga bisa membuat menu pada home wordpress kita di bagian atas. dan menunya akan ada 3 bagian agar menjadi anakan. makanya pada kolom tugas penkom dan perihal agak di geser menjorok kebelakang daripada beranda.
  • Blog anda telah siap digunakan untuk memposting semua yang anda inginkan untuk dibagikan dengan pengguna blog atau internet lain. Selamat mencoba!
Tinggalkan Balasan

